Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

SOHC dan DOHC, Pilih Mana?

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 14 Februari 2017 | 14:31 WIB
Mesin DOHC (kiri) dan mesin SOHC (kanan) pada sepeda motor
Kawasaki & Yamaha motor
Mesin DOHC (kiri) dan mesin SOHC (kanan) pada sepeda motor

Jakarta, Otomania.com – Produk sepeda motor sport saat punya pilihan tipe mesin yakni SOHC dan DOHC. Lantas apa perbedaan dan juga kelebihan serta kekurangan keduanya?

Single Over Head Camshaft (SOHC) adalah kepala silinder yang memiliki noken as (camshaft) tunggal yang mengatur dua katup untuk masuk bahan bakar (intake) dan keluar gas buang (exhaust).

Berbeda dengan Double Over Head Camshaft (DOHC) yang terdiri dari 2 noken as. Satu camshaft mengatur 2 katup intake sementara lainnya mengatur menagtur 2 katup sistem buang.

Lantas mana yang harus dipilih biker penggemar motor sport? Di atas kertas DOHC jelas unggul karena ditunjang dengan 4 katup.

Plus minus

“Tapi sebenarnya untuk harian tidak ada bedanya antara kedua mesin ini. Keduanya punya plus dan minusnya,” ucap Koko Adiyaksa, workshop manager Sportisi Motorsport saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Koko, untuk penggunaan harian terutama di Jakarta, tidak terlalu memberikan perbedaan. Ini karena kondisi jalan yang ramai dan banyak kemacetan.

DOHC sendiri memang saat ini paling banyak ditawarkan produsen sepeda motor. Alasannya performa lebih maksimal karena masuknya bahan bakar diatur oleh dua katup dan gas buang diatur oleh dua klep yang memberikan tenaga lebih besar.

Power delivery

“Kalau cari performa maksimal, DOHC jelas pilihannya. Mesin ini punya power delivery lebih baik,” ucap Koko yang bengkelnya juga kerap melayani permintaan dyno tes untuk pengukuran tenaga motor.

Produsen yang menggunakan mesin tipe SOHC biasanya memberikan tambahan teknologi katup agar mesin mampu menyuplai tenaga di tiap putaran mesin. SOHC sendiri biasanya dipilih karena lebih mudah perawatannya dan lebih irit bahan bakar.

Sekarang, pilihan tergantung pada kesukaan biker dan referensi merek, model serta dana yang tersedia.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa